Kamis, 12 Januari 2017

LAPORAN MEKANIKA TANAH LAPANGAN

LAPORAN MEKANIKA TANAH LAPANGAN
(SONDIR)

Untuk Memenuhi Sebagian dari Syarat–syarat Kurikulum
Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik
Universitas Syiah Kuala





 Dosen Pembimbing :
Prof.Dr.Ir. H. Munirwansyah, M.Sc
NIP : 19590525 198503 1 003


 

JURUSAN TEKNIK SIPIL
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
DARUSSALAM – BANDA ACEH
2016




1.1              Latar Belakang
Istilah tanah dalam Mekanika Tanah mencakup semua bahan dari lempung sampai batu-batu besar, tetapi tidak mencakup batuan tetap. Pekerjaan teknik tidak dapat dipisahkan dari tanah, karena tanah dalam Teknik Sipil berfungsi sebagai pondasi dan bahan bangunan, oleh karena itu pemahaman tentang sifat-sifat tanah menjadi sangat penting.
Sebelum dipergunakan dalam pekerjaan Teknik Sipil, sudah tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu sifat-sifat tanah dilokasi pekerjaan yang bersangkutan. Penyelidikan sifat tanah pada umumnya dilakukan dengan cara mengambil contoh tanah dari lapangan untuk kemudian diselidiki di laboratorium. Penyelidikan sifat tanah akan dikerjakan dalam percobaan lain sebagai kelanjutan dari percobaan ini.
Diharapkan agar sifat yang diselidiki di laboratorium mencerminkan sifat-sifat tanah tersebut dilapangan, maka contoh tanah yang diselidiki harus berada pada kondisi aslinya dilapangan (tidak terganggu). Untuk itu contoh tanah diambil secara undisturbed dari lapangan.Pengujian ini merupakan cara kerja membuat lubang pada tanah dengan alat bor tangan dengan ukuran tertentu dan dengan tenaga manusia untuk pengambilan sampel tanah yang akan diuji.
Metoda pemboran tangan (hand auger boring) termasuk metoda pengamatan yang banyak digunakan untuk eksplorasi geoteknik dangkaldari jenis tanah lunak dan kenyal. Dengan pemboran tangan dapat dilakukan pengambilan sampel tanah terganggu (disturbed sample = DS ) maupunsampel tanah tak terganggu (undisturbed sample = UDS ). Selain itu dengan pemboran tangan dapat diketahui kedalaman muka air tanah (M.A.T) yangdiperlukan dalam perencanaan pondasi serta dapat membantu dalam penentuan jenis tanah/lapisan.

1.2              Tujuan
Tujuan dari pengujian ini adalah untuk mendapatkan/mendeskripsikan profil dan karakteristik lapisan tanah dan muka air tanah seperti jenis tanah,warna tanah dan sifat-sifat tanah, mengetahui kedalaman untuk pengambilan contoh tanah asli dan tidak asli, mengumpulkan informasi/data untuk menggambarkan profil tanah dan mengambil contoh tanah dalam keadaan asli untuk penelitian di laboratorium. Dari pengujian ini bisa didapatkan sampel tanah untuk penelitian selanjutnya di laboratorium.
Setelah melakukan pengujian ini, diharapkan mahasiswa dapat :
1.      Melakukan pengujian tanah dengan alat bor tangan dengan benar;
2.      Melakukan pengambilan tanah dengan benar;
3.      Melakukanpengujiankekuatantanahdenganuji N SPT;
4.      Melakukan penamaan tanah secara visual dengan benar.

1.3              Lokasi
Lokasi pengujian hand bor berada di parkiran depan Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.



LAPORAN MEKANIKA TANAH LAPANGAN RAJA MAHESA

LAPORAN MEKANIKA TANAH LAPANGAN RAHMATUL ULFA

LAPORAN MEKANIKA TANAH LAPANGAN SELVIANA FUAD

LAPORAN MEKANIKA TANAH LAPANGAN ROBI MAULANA

LAPORAN MEKANIKA TANAH LAPANGAN A.K KUMBARA PUTRA PASARIBU

LAPORAN MEKANIKA TANAH LAPANGAN NOVIA AFRIANTI









Tidak ada komentar:

Posting Komentar